Minggu, 13 Februari 2011

Sejumput Resah

picture by Ariel Stevan
Perasaan itu hadir lagi (perasaan terus niy yang dibahas). Resah yang hampir tak tertahankan. Capek ngurusin hati. Eitss ini bukan masalah cinta-cintaan ya.. Emang masih di seputaran masalah hati tapi yang cardia alias hati nurani. Jadi gini; hati kita (bukan organ hati) ada 2 lapisan yaitu hati sanubari n hati nurani. Hati sanubari biasanya adalah isi dari diri kita, keberadaan jiwa kita, pusat dari segala keinginan kita namun cenderung kata hati sanubari ini bisa salah. Hati sanubari adalah suara dalam diri kita yang cenderung ego sentris dan egoisitk.
Hati sanubari gampang dipengaruhi oleh apapun yang ada di luar kita. kebenaran yang dipegang oleh hati sanubari adalah kebenaran menurut dirinya sendiri. Bukan yang sejati.
Lain halnya dengan hati nurani. Hati nurani adalah benih Ilahi dalam diri manusia. Kemurnian adalah hakikatnya. Tak bisa dibohongi, takbisa pula membohongi. Walaupun sering dipecundangi namun ia tetap ada dalam diri kita. akan tetap bersuara walaupun kita membungkamnya dengan segala macam hal yang lebih 'berisik'. Hati nurani bersifat GOD centre dan nggak akan pernah setuju dengan apapun yang kita mau selama itu bertentangan dengan kebenaran sejati. Hati nuranilah yang menuntun kita mencari TUHAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar